Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Praktis Menerjemahkan File Dokumen di Google Drive

Google memiliki google translet untuk membantu kita yang ingin menerjemahkan suatu kalimat. Layanan ini sangat banyak digunakan karena selain praktis, juga gratis dan tersedia dalam banyak bahasa. Kita tinggal copy kalimat atau paragraf yang ingin diterjemahkan di halaman translet lalu hasil terjemahan akan langsung keluar.

Hanya saja, untuk kasus tertentu seperti misalnya ingin menerjemahkan dokumen dengan banyak halaman, maka google translet tidak lagi menjadi pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan karena google translet tidak bisa menerjemahkan dokumen atau secara otomatis dan juga membatasi jumlah karakter yaitu maksimal 5.000 karakter. Tentu tidak efisien jika kita bolak-balik menyalin paragraph demi paragraf dari file. Nah, untuk kasus ini kita membutuhkan yang namanya Google docs, masih produk google.

Google Docs dan Drive

Google docs atau google dokumen merupakan layanan pengolah data milik google dengan berbagai fitur seperti mengedit bersama, menulis dokumen dengan suara, menambahkan font lain, suggestion mode (menyimpan setiap perubahan) dan termasuk juga menerjemahkan dokumen secara langsung. Bagian paling menarik dari translet di google docs adalah kita tidak perlu salin kalimat atau per paragraph karena dengan beberapa langkah saja, dokumen akan langsung ditranslet secara keseluruhan. Lebih jauh, kita bisa mentranslet dokumen tanpa dibatasi jumlah halaman.

Lalu, apa hubungan google docs dengan Drive?

Seperti yang kita tau, hampir semua produk google tersinkronisasi dengan Drive, termasuk juga google docs ini. Dengan kata lain, kita bisa menerjemahkan dokumen di Drive dengan memanfaatkan fitur google docs.

Sebenarnya, google docs juga memiliki platform sendiri yaitu di https://docs.google.com/ dan tersedia juga di android. Kita bisa memiliki semua layanan google docs ini. Hanya saja, jika file yang ingin ditranslet di drive, maka mungkin akan lebih praktis jika kita langsung translet di drive tanpa harus membuka aplikasi google docs lagi. Ditambah lagi, hasil translet akan langsung disimpan di drive.

Cara Translet Dokumen di Google Drive

Pertama, di dashboar drive, buka file yang ingin di translet. Sedikit info, pastikan file yang hendak ditranslet berformat PDF agar bisa ditranslet di google docs. Jika kamu memiliki file word, maka bisa dikonversi dulu ke PDF.


Kedua, klik opsi “Buka dengan” dan pilih “Google dokumen/google docs”


Ketiga
, pilih menu “Alat” yang berada di bagian atas dokumen dan pilih opsi “Terjemahkan dokumen”


Keempat
, buat judul dokumen hasil terjemahan dan juga pilih bahasa yang diinginkan.


Kelima
, klik terjemahkan, maka akan keluar halaman baru dokumen hasil terjemahan.  


Nah itu dia cara sederhana menerjemahkan dokumen di drive lewat desktop. Sangat praktis, namun hasil terjemahan biasanya tidak akurat 100 persen. Jadi kita masih perlu mengecek ulang dan memperbaiki bagian yang tidak sesuai. Menarik lagi, hasil translet bisa disimpan ke komputer dengan cara klik kiri pada file, kemudian pilih “Dwonload”. Kita akan mendapatkan hasil unduhan dengan format dokumen word. 

Drive versi android belum mendukung layanan translet dokumen ini. Jadi, bagi kamu yang ingin menerjemahkan lewat ponsel mungkin bisa langsung menggunakan aplikasi google docs yang bisa didwonload secara gratis di playstore.


 

Post a Comment for "Cara Praktis Menerjemahkan File Dokumen di Google Drive"