Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Elemen dalam desain

 


Dalam ilmu desain grafis, elemen desain adalah satu hal yang terpenting. Elemen desain dapat disatukan dan mewujudkan prinsip desain. Elemen desain juga merupakan dasar daripada desain itu sendiri, ibarat kita membangun sesuatu, kita tidak bisa langsung keatas namun harus memulai dari dasar terlebih dahulu.

Elemen elemen dari pada desain itu sendiri terdiri dari Titik, Garis, Tekstur, ruang, dan warna. Kali ini kita akan membahas dan mempelajari tentang Elemen dalam desain.

1.TITIK
Titik adalah elemen dengan bentuk wujud relatif kecil, dimensi memanjang dan melebar, serta kadang dianggap tidak berarti. Titik ditampilkan dalam bentuk kelompok dalam variasi jumlah, sususan, dan kepadatan tertentu.
titik merupakan dasar dari semua elemen yang kemudian diolah menjadi garis, bentuk, bahkan bidang hingga tekstur.

2.GARIS
Selain sebagai pembatas garis juga dapat berfungsi sebagai penanda dan arah dari konten.
Garis mampu membuat keteraturan, mengarahkan pandangan dan memberikan kesan bergerak, serta memiliki karakter tertentu. Penggunaan garis dapat diaplikasikan dalam pembuatan grafik atau bagan.

3.BIDANG
Bidang merupakan unsur visual yang berdimensi panjang dan lebar. Ditinjau dari bentuknya, bidang bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu bidang geometri/beraturan dan bidang nongeometri alias tidak beraturan.
 
Bidang geometri adalah bidang yang secara relatif bisa diukur luasnya.
Bidang nongeometri merupakan bidang yang relatif sukar diukur luasnya. 

Bidang bisa dihadirkan dengan menyusun titik maupun garis dalam kepadatan tertentu, dan juga dapat dihadirkan dengan mempertemukan potongan hasil goresan satu garis atau lebih.

4.TEKSTUR
tekstur merupakan elemen yang berhubungan dengan permukaan suatu benda, entah itu kasar, halus, atau licin.
Tekstur dapat menambah dimensi dan kekayaan suatu layout, menegaskan atau membawa ke dalam sebuah rasa atau emosi tertentu.

Tekstur sendiri tidak selalu dalam bidang 3 dimensi, kita juga bisa menemukannya dalam desain 2 dimensi seperti tekstur kayu, tekstur tembok kasar, tekstur licin, dan lain lain.

5.RUANG
Ruang merupakan kumpulan dari bidang yang membentuk panjang x lebar x tinggi, dimana Ruang itu juga memiliki volume yang membuatnya memiliki ruang kosong.

Ruang juga berfungsi sebagai tempat istirahat mata. Dalam bentuk fisiknya, pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu objek(figure) dan latar belakang(background).



6.WARNA
Warna menjadi acuan utama bagaimana desainer itu mengartikan desainnya, warna juga menjadi tombak ukur suatu perspektif melalui gelap terang dan kontras.

Warna merupakan media paling akhir dalam komunikasi simbolik, tetapi juga yang terpenting. Warna dibagi dalam dua macam

RGB merupakan warna yang timbul karena sinar
CMYK merupakan warna yang dibuat dalam unsur tinta atau cat

Dengan warna desainer dapat menampilkan identitas konten hingga menyampaikan pesan dan maksud serta dengan tujuan untuk menarik perhatian. 

Tentu dalam membuat sebuah desain kita harus menyatukan hal hal tadi, mulai dari titik, garis, bidang, tekstur, dan warna agar menghasilkan desain yang mampu untuk memberikan pesan yang ingin kita sampaikan serta menarik bagi khalayak ramai. 

Sekian pembahasan seputar elemen dalam desain, apabila kalian mau kepoin seputar desain bisa kunjungi postinganku yang lain yah....




Post a Comment for "Elemen dalam desain"