font populer dan perkembangannya

 

Font memiliki banyak jenis yang unik dan bermacam-macam, berikut adalah beberapa contoh font yang sering dipakai dalam dunia desain grafis  Menurut David Airey, ada 13 jenis font yang populer dipakai dalam mass media, seperti majalah, buku, internet, display, arsitektur, dan sebagainya. Berikut adalah uraian yang menjelaskan model font dan perkembangannya.

Dilansir dari buku Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam penerapan. Karya Ricky W. Putra Font populer dan sejarahnya adalah sebagai berikut...


AKZIDENT GROSTES
Akzident Grostesk merupakan jenis font sans serif pertama yang paling luas dipakai. Awalnya dirilis pada tahun 1898, oleh penemu font H.Berthold AG.


AVENIR
Avenir dirancang oleh Adrian Frutiger pada tahun 1988. Awalnya ia diminta untuk merancang jenis tipe sans serif setelah 40 tahun sedari perkembangan tipe huruf ini. 

Ia mencoba pengalaman dan gaya penulisan yang dikebangkan pada abad ke XX, dan membutuhkan cetakan yang berkesan modern. Dari beberapa aplikasinya adalah penggunaan font Avenir untuk kota Amsterdam. 

BBC London juga menggunakan Avenir sebagai font logo dan identitas perusahaannya. 


BODONI 
Bodoni adalah nama yang diberikan kepada beberapa seri huruf yang dirancang Giambattista Bodoni tahun 1798. Jenis huruf ini agak ramping dan terdapat perbedaan ekstrem bagian hurufnya yang tipis dan lebar. Secara total, struktur hurufnya dibangun dengan geometris daripada aspek lengkung atau dekoratifnya.


CASLON
Caslon merupakan bagian dari keluarga huruf serif yang dirancang oleh William Caslon. Tipe huruf ini pertama kali dirilis pada tahun 1734. Tipe huruf Caslon berhasil dan banyak dipakai dalam 15 berbagai dokumen sejarah, diantaranya untuk deklarasi kemerdekaan Amerika.


FRANKLIN GOTHIC
Franklin Gothic dirancang oleh Morris Fuller Benton, tahun 1902. Gothic adalah suatu nama kuno, sebuah istilah yang mengasosiasikan pikiran kita ke masa lalu, tetapi masih terpakai hari ini. Tipe huruf ini ditunjukkan untuk jenis fontsans serif yabg luas dipakai di Kanada, kerajaan Inggris dan Amerika Serikat.


FUTURA
Futura didesain pada tahun 1927 oleh Paul Renner. Jenis huruf futura berhasil dikembangkan sebagai salah satu jenis huruf sans serif dan salah satu jenis huruf yang terpakai sampai abad ke XXI. Perusahaan Volkswagen dan UnionbPasific memakai jenis font ini. Perusahaan penerbangan Swiss Airline, Swiss Air, juga menggunakan font futura antara tahun 1950 - 1990-an. Futura sampai saat ini merupakan keluarga huruf penting untuk keperluan digitalisasi di komputer.


GARAMOND
Tipe huruf Garamond muncul pada tahun 1950-an, dikembangkan dari huruf Yunani Claude Garamond berdasarkan komisi yang ditujukan raja Prancis, Fran├žois I (komisi ini bekerja untuk menciptakan tipe huruf percetakan kerajaan). Tipe huruf ini menyebar luas melalui pengaruh Prancis sampai ke Amerika dan Eropa Barat.


GOTHAM
Tipe huruf Gotham didesain pada tahun 2000-an oleh desainer huruf New York, Tobias Frere Jones. Bentuk huruf Gotham terinspirasi oleh bentuk-bentuk penanda arsitektural yang populer pada pertengahan abad ke XX, dan populer di kota New York.


Begitulah jenis font dan sejarah dalam perkembangannya.

Post a Comment

0 Comments