Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Tujuan, Teknologi dan Segi Ukuran atau Kapasitas

Perlu diketahui bahwa komputer adalah suatu piranti elektronik yang diprogram dan dirancang untuk mengolah dan mengelola data, melakukan operasi matematik dan logika melalui pemrosesan yang cepat untuk menghasilkan output dari setiap operasinya.

Komputer diambil dari kata bahasa Ingris yaitu Compute yang mempunyai makna menghitung. Proses penghitungan data di komputer bisa disebut sebagai Computing. Saat ini komputer sudah biasa kita temui sehari-hari seperti ponsel smartphone yang biasa kita pakai adalah salah satu jenis komputer terbaru yang memiliki kelebihan mobilitas yang baik untuk mempermudah kehidupan manusia.

Klasifikasi Jenis-jenis Komputer

Klasifikasi Jenis-jenis Komputer

Saat ini komputer sangat bervariasi, untuk mengklasifikasikan jenis dari sebuah komputer bisa kita persempit dengan membaginya berdasarkan tujuan pemakaian komputer, teknologi yang diterapkan pada komputer dan ukuran atau kapasitas dari komputer. Klasifikasi jenis-jenis komputer diantaranya sebagai berikut :

1. Klasifikasi jenis komputer berdasarkan tujuan penggunaan

  • Tujuan umum
  • Tujuan khusus

2. Klasifikasi jenis komputer berdasarkan penerapan teknologi

  • Komputer digital
  • Komputer analog
  • Komputer hybrid

3. Klasifikasi komputer berdasarkan ukuran dan kapasitas

  • Micro komputer
  • Mini komputer
  • Main frame komputer
  • Super komputer

Untuk memahami komputer dari masing klasifikasi mari kita bahas satu per satu.

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Komputer diciptakan untuk beberapa kebutuhan penggunaan yang ditentukan untuk lingkungan tertentu ataupun pengguna tertentu. Hal ini tergantung pada tujuan penggunaan yang secara umum atau khusus.

Tujuan Umum Komputer

  • Komputer serba guna yang mampu melakukan operasi berbagai macam pekerjaan untuk segala jenis lingkungan.
  • Komputer serba guna yang bisa digunakan untuk segala macam kebutuhan umum dan dalam semua lingkungan dari penggunanya.
  • Program yang diberikan ketika eksekusi, komputer mampu memproses intruksi dan memberikan output yang bermakna. Seperi komputer pribadi yang bisa melakukan operasi penghitungan, menulis surat, akses internet atau bermain game ini merupakan komputer untuk keperluan umum.

Tujuan Khusus Komputer

  • Komputer ini diciptakan khusus untuk melakukan pengolahan atau pemrosesan pada lingkungan tertentu.
  • Komputer dibangun untuk melakukan operasi tetentu dan tidak bisa melakukan operasi lain.
  • Operasi yang dipakai oleh komputer ini biasanya sudah tertanam pada perangkat otomatis. Seperti, komputer pada sepeda motor yang menampilkan kecepatan, sisa bensin, jarak yang ditempuh. Ruang operasi dari komputer ini dipersempit sesuai dengan tujuan diciptaknnya.

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Penerapan Teknologi

Berdasarkan penerapan teknologi yang dipakai oleh komputer terbagi sebagai berikut :

Komputer Digital

Komputer Digital

Komputer digital adalah komputer biasa digunakan untuk keperluan umum yang mewakili dan menyimpan data dalam jumlah atau angka tersendiri. Segala bentuk pemrosesan dikerjakan dalam hal representasi numerik atau biner dari data dan informasi. Segala bentuk inputan pengguna akan dikonversi menjadi angka biner 0 dan 1. Seperti komputer pribadi, desktop, laptop dan lain sebagainya.

Komputer Analog

Komputer Analog

Komputer analog adalah komputer yang mempunyai tujuan khusus yang mewakili dan menyimpan data dalam kuantitas fisik yang cukup bervariasi terus menerus seperti arus tegangan ataupun frekuensi. Komputer ini dibangun dan diprogram untuk mengukur kuantitas fisik seperti tekanan, suhu, kecepatan dan lain sebagainya. Komputer analog biasanya dijumpai untuk aplikasi ilmiah, teknik atau industri.

Komputer Hybrid

Komputer Hybrid

Komputer hybrid adalah komputer kolaborasi antara dua teknologi yaitu analog dan digital. Komputer ini dapat menyimpan dan memproses sinyal analog yang dikonversi menjadi digital dan mampu merubah angka digital menjadi sinyal analog. Komputer hybrid biasa digunakan dalam robotika dan manufaktur perbantuan komputer. Seperti mesin hitung uang, mesin ATM dan lain-lain.

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Ukuran dan Kapasitas

Pada penggunaanya, suatu komputer bisa diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan kapasitas penyimpanan komputer itu sendiri.

Mikro Komputer

microcomputer

Mikro Komputer seperti komputer pribadi PC dan menggunakan microprocessor yang disebut sebagai CPU, unit memori dan perangkat input dan output. Komputer ini berukuran kecil dan tidak mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar. Panjang kata komputer mikro dikisaran 8-32. Komputer ini biasa digunakan pada kehidupan dasar sehari-hari dan tersedia dalam varian yang desktop atau portables. Seperti IBM PC dan Apple II macxintosh.

Mini Komputer

Mini Komputer

Mini komputer lebih cepat jika dibanding mikro komputer. Panjang kata 32 bit dan mampu melakukan operasi-operasi yang lebih rumit daripada mikro komputer. Komputer ini bisa dipakai perhitungan akutansi dan ilmiah, mengendalikan atau memantau. Seperti VAX 11, PDP11/42 dan lain-lain.

Main Frame Komputer

Main Frame Komputer

Komputer ini mempunyai kecepatan pemrosesan yang tinggi dan mampu menyimpan data dalam jumlah besar. Komputer ini lebih banyak mengkonsumsi sumber daya listrik. Seperti IBM 2000 dan UNIVAC 1180.

Super Komputer

Super Komputer

Super komputer berfokus pada kecepatan proses yang sangat cepat. Umumnya super komputer beroperasi secara paralel supaya membuatnya lebih cepat dan digunakan untuk memproses data besar dan memecahkan masalah yang sangat kompleks bisa di bidang science atau pertahanan. Seperti CRAZY 3 dan HITAC S-300.

Sumber: https://blogbugabagi.blogspot.com/

Post a Comment for "Klasifikasi Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Tujuan, Teknologi dan Segi Ukuran atau Kapasitas"