Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makin Populer, Ini dia Segudang Fitur Terbaru dari WhatsApp

 

Beberapa kurun waktu belakangan, WhatsApp telah melakukan banyak pembaruan pada aplikasinya. Ada banyak fitur-fitur baru yang diluncurkan dan sebagian besar fitur mereka memang sudah sangat dinanti-nantikan pengguna sejak lama. Ini tentu membuat WhatsApp semakin berkembang dan mampu bersaing dengan begitu banyaknya aplikasi serupa. Berikut beberapa fitur terbaru WhatsApp yang bisa mulai kita coba.

Keluar Grup Tanpa Notifikasi

Di WhatsApp, orang lain bisa memasukkan kita ke sebuah grup tertentu tanpa persetujuan kita terlebih dahulu. Sebenarnya kita bisa setting di pengaturan privasi siapa saja yang bisa memasukkan kita ke grup, hanya saja karena fitur ini bukan fitur bawaan/default maka banyak pengguna yang tidak mengaturnya atau bahkan ada banyak pengguna yang sama sekali tidak tau. Sehingga tidak heran jika sembarang orang bisa memasukkan kita ke grup sampai-sampai kita memiliki banyak grup dan mendapatkan notifikasi grup yang tidak henti-hentinya.

Jika grup tersebut cocok dengan kita mungkin tidak ada masalah, namun terkadang kita dimasukkan ke dalam grup yang tidak jelas atau grup yang tidak kita inginkan. Ini bagi sebagian orang menjadi dilema karena saat keluar akan ada notifikasi di grup bahwa kita telah keluar. Ini tentu saja sedikit tidak nyaman bagi sebagian orang, terlebih jika anggota grup adalah orang yang kita kenal. Namun, sekarang kita bisa lebih nyaman saat keluar grup karena WhatsApp memiliki fitur dimana kita bisa keluar dengan diam-diam tanpa diketahui oleh anggota grup lain. Satu-satunya orang yang mendapatkan notifikasi bahwa kita keluar grup adalah admin grup itu sendiri.

Menyembunyikan Status Online

Salah satu alasan kenapa banyak pengguna beralih ke WA Mod adalah karena kebanyakan Wa Mod memiliki keunggulan yaitu bisa menyembunyikan status online. Bagi yang belum tau, Wa Mod ini adalah jenis Wa modifikasi yang tidak resmi alias dibuat oleh pihak diluar WhatsApp. Namun, sekarang kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi WA palsu untuk mendapatkan fitur ini, karena sekarang WhatsApp telah meluncurkan fitur dimana kita bisa menyembunyikan status online. Dulu hanya ada pengaturan untuk status terakhir dilihat, tapi sekarang kita juga bisa mengatur untuk status online nya juga. Caranya sangat gampang, pergi  ke pengaturan “Privasi”, akan ada pengaturan untuk “Terakhir dilihat dan Online”, kita tinggal memilih siapa yang bisa melihat status terakhir dilihat dan status online kita.    

Blokir Tangkapan Layar Untuk Pesan Sekali Lihat

WhatsApp pernah meluncurkan fitur “Pesan Sekali lihat”untuk pengguna yang ingin pesannya hanya bisa dilihat sekali saja untuk menjaga keamanan dan privasi mereka. Meski begitu, orang lain masih bisa melakukan screenshoot sehingga fitur ini terbilang masih memiliki kekurangan. Untuk melengkapi fitur tersebut, akhirnya kini WhatsApp memiliki fitur dimana pengguna bisa memblokir screen shoot maupun screen record untuk pesan sekali lihat. Dengan begitu, pesan benar-benar hanya bisa dilihat sekali saja oleh pengguna lain.  

Mengirim File Berkuran Hingga 2 GB

Seperti yang kita tau, sebelumnya WhatsApp membatasi ukuran file yang kita kirim sebesar 100 MB. Kita tidak bisa mengirim file melebihi ukuran tersebut, apakah itu file video, audio, maupun file dokumen. Tidak akan ada yang menyangka bahwa WhatsApp kini meningkatkan layanan mereka dimana semua pengguna bisa mengirim file dengan ukuran hingga 2 GB alias 2.000 MB.

Fitur ini tersedia di aplikasi terbaru yaitu android di versi 2.22.17.76 dan iOS di versi 22.18.76.  Wah, ini tentu menjadi kabar gembira untuk semua pengguna, pasalnya kita bisa mengirim file dengan ukuran 20 kali lipat dari sebelumnya. Meski begitu, jangan lupa bahwa mengirim file ukuran besar akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dan juga internet yang stabil. Jadi jangan lupa memperhatikan ini agar kamu bisa mengirim file besar dengan lancar.    

Reaksi Emoji Pesan dan Status

Sekarang ada jalan pintas untuk memberikan reaksi emoji di chat, yaitu tinggal klik lama pesan, maka akan langsung keluar 6 pilihan emoji yang bisa dikirim. Dengan begini, mengirim reaksi lebih cepat dan praktis. Namun, jika kamu tidak menemukan emoji yang cocok, maka klik saja tanda  tambah (+) yang ada di samping 6 emoji yang ada, maka akan keluar banyak emoji lain dari papan keyboard yang biasanya kita gunakan.

Selain emoji pesan, kita juga bisa mengirimi reaksi emoji status atau status reactions. Dengan fitur ini, merespon status teman menjadi lebih cepat karena kita tinggal mengusap layar ke atas di status yang ingin di reaksi lalu akan muncul beberapa pilihan emoji. Untuk saat ini, baru ada 8 pilihan emoji, namun bukannya tidak mungkin WhatsApp akan mengeluarkan lebih banyak emoji di masa mendatang.

Kapasitas Grup Hingga 512 Anggota

Selama ini, grup WhatsApp hanya bisa menampung 256 anggota, sehingga banyak pengguna yang merasa batas anggota ini terbilang sedikit. WhatsApp mengungkapkan bahwa salah satu permintaan yang paling banyak mereka terima dari pengguna adalah bisa menambahkan lebih banyak anggota ke grup. Kini, WhatsApp mewujudkan harapan banyak orang dimana kita bisa memiliki 512 anggota di grup. Lebih menariknya lagi, WhatsApp juga tengah melakukan uji coba kapasitas grup 1.024 orang untuk sebagian beta tester. Tidak menutup kemungkinan fitur ini akan mulai diberlakukan untuk seluruh pengguna.

Panggilan Suara Dengan 32 Partisipan

Sebelumnya, panggilan suara hanya bisa dilakukan dengan 8 anggota saja, namun sekarang kita bisa melakukannya hingga 32 orang sekaligus. Ini tentu saja sangat berguna bagi mereka yang ingin mengajak banyak orang untuk berkomunikasi. Pengguna yang mendapatkan panggilan bisa melihat siapa saja anggota dari panggilan grup tersebut, dan kontak yang berada di bagian atas adalah kontak yang memasukkan pengguna ke dalam panggilan grup. Sama halnya dengan panggilan video, saat kita tidak sempat mengangkat panggilan kita masih bisa bergabung ke grup panggilan selama panggilan masih berlangsung.  

Sebagai tambahan informasi, untuk panggilan video sendiri saat ini masih dibatasi hanya bisa menampung 8 partisipan. Namun, jika kita menggunakan WhatsApp Web, kita bisa melakukan panggilan video hingga 50 anggota sekaligus. Hal ini disebabkan karena WhatsApp Web telah diintegrasikan dengan Messenger Room yang merupakan layanan video call dari Facebook Messenger.

Tautan Panggilan/Call Link

Jika kamu perhatikan, di tab panggilan terdapat baru yaitu “Buat tautan panggilan”. Ya, ini merupakan salah satu fitur paling baru dari WhatsApp. Sesuai namanya, tautan panggilan atau call link merupakan fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengirimkan link panggilan ke siapapun tidak sebatas pada kontak di WhatsApp maupun di buku telepon.

Jadi, orang yang menerima link atau tautan ini bisa langsung terhubung dalam panggilan grup baik video maupun suara hanya dengan sekali klik. Meski begitu, orang yang bisa terhubung tentu saja hanya mereka yang memiliki aplikasi WhatsApp juga. Bagi yang menerima tautan tapi tidak memiliki aplikasi, maka mereka bisa mendwonload dan mendaftar akun terlebih dahulu untuk bisa menggunakan tautan tersebut. Fitur ini baru tersedia di android dan iOS, kita tidak bisa menggunakannya untuk WhatsApp Web maupun WhatsApp Desktop.



Post a Comment for "Makin Populer, Ini dia Segudang Fitur Terbaru dari WhatsApp"