Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal tentang Desain Komunikasi Visual

 


Desain komunikasi Visual merupakan proses kreatif yang memadukan seni dan teknologi untuk menyampaikan suatu ide. Para desainer bekerja dengan beragam alat dan media komunikasi untuk menunjukan dan menyampaikan pesan yang ingin mereka berikan kepada klien atau audience yang dituju, dengan komponen utamanya berupa gambar dan tulisan. Apabila kita berpijak pada kata Desain Komunikasi Visual, setidknya akan terdapat tiga nama yang akan saling berkaitan.




Kaitan DKV dengan elemen lain

  Dari ketiga makna kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa Desain Komunikasi Visual merupakan usaha dari seseorang atau kelompok untuk mengkomunikasikan maksud yang ingin diutarakan melalui media desain visual. 

Dalam Desain Komunikasi Visual, kata komunikasi menjadi tujuan pokok. Jika saat ini Desain Komunikasi Visual masih sebatas ilmu yang mempelajari segala upaya untuk menciptakan suatu rancangan  (desain bersifat kasat mata (visual) untuk mengkomunikasikan maksud),  hal tersebut sebenarnya hanya berupa bagian dari sepotong tatanan estetika yang lebih luas.  



BELAJAR MENGOLAH KREATIVITAS

Dalam menentukan sebuah desain tentu kita harus berpikir sekreatif mungkin agar maksud yang ingin kita sampaikan dapat dicerna dengan baik oleh masyarakat.

Memahami prinsip desain tentu akan mempermudah kita dalam menentukan konsep yang ingin kita rancang.

Memanfaatkan visual manusia sebagai alat komunikasi yang efektif dengan mengkombinasikan Typography, Photography, Printing, dan lain sebagainya sehingga semua aspek pendukung itu akan menghasilkan karya yang memiliki power dimana pesan visual harus kreatif (asli, luwes, dan lancar), komunikatif, dan efektif sekaligus indah estetis.





GAMBAR BUKAN SEGALANYA

Dalam desain komunikasi visual tentu hal yang kita pandang adalah sebuah desain diam atau berupa lembaran seperti poster atau banner bukan?

Namun nyatanya Dalam pengaplikasian Desain Komunikasi Visual tidak selalu berpacu pada gambar, desain komunikasi visual juga dapat berupa tiporgafi, video animasi ataupun video yang direkam menggunakan kamera.

Desain komunikasi visual dapat diaplikasikan pada media apapun, mau itu cetak atau rekam karena tujuan utama dari Desain Komunikasi Visual adalah untuk menyampaikan pesan yang ingin diutarakan.


SEDIKIT CERITA

Di sesi ini aku mau cerita ya, jadi di suatu siang saat aku berjalan jalan aku menemukan sebuah poster dari brand yang aku juga kurang kenal. Dimana poster itu ingin mempromosikan produk terbaru mereka berupa sebuah minuman kemasan. 

Awalnya aku kurang notice karena dalam poster itu sendiri tidak terlalu menonjolkan produk mereka karena yang mereka tonjolkan itu modelnya, seakan akan mereka mau bilang "hei kami bisa sewa model ini lo buat promosi produk kami" 

Disini ada kesan ambigu kan? ya walau mungkin mereka mau memberikan kesan hiden item ya hahaha....

Tapi cara ini sangat tidak efektif untuk sebuah brand yang tidak terlalu dikenal yang justru akan sulit mempromosikan produk mereka.

Tapi cara ini juga gabisa disalahin, karena dengan menampilkan gambar model tentu akan menarik perhatian khalayak ramai juga....


Post a Comment for "Mengenal tentang Desain Komunikasi Visual"