Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cerdas Bagi Kamu yang Ingin Meminjam Uang di Aplikasi Pinjol

 

Pinjol adalah solusi bagi sebagian orang yang butuh dana mendesak dan tidak menemukan tempat lain untuk meminjam. Kita sudah mencoba mencari pinjaman yang tidak berbunga, apakah itu kepada saudara ataupun teman, tapi tidak berhasil mendapatkannya. Kita juga sudah mencoba mencari pinjaman di tempat yang menawarkan pinjaman dengan bunga kecil tapi juga tidak bisa.

Alhasil, jalan terakhir yang banyak diambil adalah dengan melakukan pinjaman online. Ini adalah cara paling praktis, tapi juga memiliki resiko besar. Kenapa dibilang praktis, karena sesuai namanya pinjaman online bisa dilakukan lewat online, tanpa harus datang langsung ke kantor atau melakukan survey. Selain itu, pinjol juga tidak menuntut banyak persyaratan dan langsung diproses dengan cepat. Bahkan, beberapa aplikasi pinjol bisa mencairkan dana hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. Ini tentu sangat membantu kita yang lagi mendesak membutuhkan uang.

Lalu, bagian resikonya, kebanyakan pinjol-terutama pinjol ilegal menetapkan bunga yang besar, denda yang tak tanggung-tanggung, atau menyebarkan informasi peminjam kepada orang lain disaat mereka telat membayar. Karena bunga dan denda yang besar, tidak sedikit peminjam yang justru semakin susah dan hutang mereka semakin menumpuk.

Berapa banyak orang yang mengalami stress bahkan sampai bunuh diri karena terlilit hutang di pinjol? Tidak perlu jauh-jauh, mungkin kita pernah melihat sendiri itu terjadi di lingkungan kita, tetangga, teman, atau bahkan di keluarga sendiri.

Agar dampak negative tersebut tidak terjadi sama kita, maka kita harus pintar-pintar saat harus meminjam uang di aplikasi pinjaman online. Bagaimana caranya? Beberapa poin berikut mungkin bisa berguna untukmu.

Pilah- Pilih Pinjol

Kepepet bukan berarti kita asal memilih aplikasi pinjaman online. Ada begitu banyak aplikasi pinjol yang saat ini tersedia di toko aplikasi, namun perlu dicatat bahwa tidak semuanya aman untuk digunakan. Sebagian mereka mungkin ada yang menjebak kita dengan bunga dan denda besar. Sebagian yang lain mungkin membeberkan data pribadi dan memberikan ancaman. Atau, sebagian mereka mungkin ada yang melakukan penyalahgunaan data pribadi.

Pilihlah aplikasi pinjol yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan agar terhindar dari bahaya pinjol illegal . Aplikasi Pinjol yang sudah memiliki izin berarti sistem peminjamannya sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Meskipun masih ada yang nakal, namun paling tidak kita sudah mengurangi resiko. Setelah memastikan izin, berikutnya jangan lupa melihat bagaimana review pengguna terhadap pinjol tersebut. Sebagai referensi, kita bisa melihat bagaimana pengalaman orang di ulasan playstore atau lewat search google.

Bunga dan Denda Kecil

Bunga pinjol ilegal yang besar adalah alasan kenapa banyak peminjam tercekik. Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengungkap untuk bunga di pinjol legal batasannya adalah 0,8 % per hari dan itu sudah mencakup berbagai biaya lain apakah itu biaya administrasi, pelayanan, atau biaya-biaya lain. Silahkan lihat sendiri, berapa bunga yang ditetapkan oleh aplikasi pinjol tersebut. Jangan lupa memilih pinjol bunga rendah dan dengan denda yang sedikit, jika perlu cari yang lebih kecil dari aturan yang ditetapkan AFPI.

Hindari Meminjam untuk Komsumtif/ Berbisnis

Ada banyak alasan kenapa seseorang meminjam uang di pinjol. Apapun itu, ada baiknya tidak meminjam uang di pinjol untuk tujuan komsumtif atau berbisnis. Hal ini tak lain dan tak bukan karena bunga dan dendanya yang bisa dikatakan lebih besar dari pinjaman di bank maupun koperasi. Seperti yang kita tau, komsumtif tidak hanya soal kebutuhan tetapi juga keinginan.

Kepincut anting bagus di toko online kita langsung meminjam pinjol untuk membeli. Pengen traveling, tenang, kita bisa mendapatkan uang di pinjol. Semuanya bisa diatasi dengan pinjol. Kita berasa jadi orang kaya karena bisa mendapatkan uang dengan begitu mudahnya, tinggal klik uang langsung cair saat itu juga. Begitu juga ketika ingin membuka bisnis, tidak sedikit orang yang nekat meminjam pinjol sebagai modal memulai usaha.

Jika bunga yang diberikan 0,8 % per hari, maka maka besaran bunganya sudah mencapai 24 % perbulan, atau jika dihitung 1 tahun, maka sudah mencapai 288% per tahun. Ini kita masih berbicara tentang pinjol legal. Pinjol illegal bahkan bisa memberikan bunga 2- 3 % perhari. Nah, bisa dihitung sendiri berapa uang yang kita keluarkan untuk bunganya saja.

Padahal, anting yang kita beli bukanlah kebutuhan pokok dan bisa dibeli ketika kita memiliki uang lebih. Padahal juga, bisnis yang kita buat belum menghasilkan sama sekali karena mengembangkan bisnis tidaklah instan. Atau, jika bisnis sudah menghasilkan, apakah hasilnya setara dengan bunga yang kita bayar? Untuk itu, jika memerlukan modal untuk bisnis, ada baiknya mencari pemodal untuk bekerja sama, meminjam dengan bunga yang sedikit atau bahkan jika bisa pinjaman tanpa bunga sama sekali.

Pinjam Uang Sebutuhnya

Karena meminjam di pinjol sangat praktis, kita kadang sampai lupa diri. Awalnya kita meminjam dengan nominal sesuai yang kita butuhkan. Tapi lambat laun, kita tergoda untuk meminjam lebih dengan dalih sisanya untuk sekedar jaga-jaga. Dan, akhirnya uang sisa uang tersebut habis begitu saja.

Ada baiknya kebiasaan ini dikurangi, karena semakin besar kita meminjam maka akan semakin besar pula beban bunga yang didapatkan. Seharusnya kita hanya membayar bunga sedikit, hanya bunga untuk nominal yang kita butuhkan, namun karena kita meminjam lebih, maka kita juga membayar bunga untuk uang sisanya padahal uang tersebut tidak begitu kita butuhkan. Untuk itu, usahakan meminjam dengan nominal yang kita butuhkan saja dan jangan sampai tergoda meminjam lebih banyak.

Pilih Tenor yang Tepat

Selain jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman juga mempengaruhi beban bunga. Banyak orang berpikir bahwa mereka bisa mengambil tenor panjang agar tidak begitu banyak membayar cicilan setiap bulan. Untuk pinjaman nominal besar mungkin tidak masalah, namun jika nominal pinjaman tidak begitu besar ada baiknya memilih tenor yang tidak begitu lama.

Selain hutangnya tidak selesai-selesai, mengambil tenor panjang untuk nominal pinjaman kecil juga “diam-diam” akan memberatkan kita. Karena bunganya kelihatan kecil tapi jika dihitung secara keseluruhan selama tenor, maka akan kelihatan besarnya. Semakin lama tenor yang kita ambil, maka kita pasti akan membayar lebih banyak bunga. Untuk itu, sesuaikan tenor pinjaman untuk mengurangi beban bunga.  

Bayar Tepat Waktu

Sebagai peminjam yang bertanggungjawab, jangan lupa untuk membayar tepat waktu. Dengan membayar tepat waktu, kita bisa terhindar dari beban denda. Biasanya di pinjol denda dihitung setiap hari, jadi jika telat bayar berapa hari saja sudah lumayan banyak denda yang harus kita bayar. Lebih penting lagi, kita juga terhindar dari resiko penyebaran data pribadi oleh pinjol.

Meskipun tidak semua pinjol melakukan itu, namun ada pinjol-terutama pinjol illegal yang menyebarkan data pribadi seperti KTP disaat peminjam telat membayar beberapa hari dan mereka juga tidak bisa dihubungi. Selain itu, kejadian yang paling sering adalah pihak aplikasi yang mengirim pesan peringatakan kepada teman atau saudara kita agar kita segera membayar hutang.   


  




Post a Comment for "Tips Cerdas Bagi Kamu yang Ingin Meminjam Uang di Aplikasi Pinjol"