Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlu Tahu, Ini Jawaban untuk Segala Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Terkait Sistem COD Di Shopee

 


Ada beberapa metode pembayaran yang tersedia di Shopee, seperti dengan menggunakan dompet ShopePay, SPaylater, Transfer bank, kartu debit/kredit, bayar tunai di Mitra/agen, dan juga COD (Bayar di Tempat). Dikesempatan kali ini, kita akan mencoba mencari tau apa dan bagaimana metode pembayaran COD di Shopee. Masih banyak pengguna baru yang bingung tentang metode pembayaran ini, padahal pembayaran dengan COD cukup digemari banyak orang karena lebih praktis. Disini kita akan mencari jawaban untuk setiap pertanyaan yang paling sering ditanyakan. 

Apa itu sistem COD di Shopee?

COD atau Cash On Delivery merupakan salah satu cara pembayaran dalam sebuah transaksi jual beli. Cara kerjanya adalah kita melakukan pembayaran ditempat di saat penjual menyerahkan barang. Jadi, sebelumnya kita dan penjual membuat kesepakatan untuk “ketemuan”. Nah, disaat bertemu itulah penjual memberikan barang yang dijual dan pembeli melakukan pembayarannya. Melihat ini, kita sudah bisa menebak kalau COD dalam pengertian ini dilakukan oleh mereka yang berada dalam satu daerah yang sama sehingga bisa saling bertemu untuk transaksi.

Namun, seperti yang kita lihat, saat ini jual beli tidak hanya sebatas dilakukan oleh orang yang berada di dalam wilayah yang sama karena kita bisa memesan barang bahkan berbeda pulau menggunakan jasa kurir pengiriman. Misal saja, seorang dari Yogyakarta memesan produk dari penjual yang berada di Sumatra. Otomatis kita tidak bisa melakukan ketemuan langsung dengan penjual. Meski begitu, hadirnya berbagai platform jual beli online terutama marketplace memungkinkan kita untuk tetap bisa melakukan pembayaran dengan sistem COD. Hampir kebanyakan marketplace saat ini menambahkan opsi pembayaran COD untuk pengguna mereka, termasuk salah satunya adalah Shopee.

Jadi, apa itu sistem COD di Shopee?

Sistem COD (Bayar di Tempat) di Shopee adalah salah satu metode pembayaran dimana kita melakukan pembayaran saat paket diambil. Jadi pada hakikatnya sama, namun kita tidak melakukan pembayaran pada penjual nya langsung melainkan kepada pihak kurir yang mengantarkan paket. Hal ini disebabkan karena Shopee telah melakukan kerjasama dengan kurir pengiriman untuk mendukung sistem COD. Tidak hanya di Shopee, hal ini juga sama di berbagai marketplace lain seperti Tokopedia maupun Bukalapak.

Bagaimana Cara Memesan dengan COD di Shopee?

Sebenarnya cara memesan menggunakan sistem bayar ditempat atau COD di Shopee tidak jauh berbeda dengan pemesanan biasa, apakah itu dengan metode pembayaran dengan ShopeePay maupun transfer bank. Seperti biasa, kita perlu mencari produk yang ingin di beli, melakukan checkout, memasukkan informasi pengiriman seperti alamat hinga nomor telepon dan juga kurir pengiriman.

Nah, dibagian metode pembayaran kita tinggal memilih opsi COD (Bayar di Tempat). Opsi ini terletak di bawah opsi ShopeePay. Jika kamu tidak menemukan opsi COD, maka artinya toko tersebut tidak mendukung sistem pembayaran COD. Sebagai tambahan, untuk memastikan apakah toko tersebut mendukung sistem COD, maka kita bisa melihat toko bertanda COD yang terletak di pojok kanan bawah di foto hasil pencarian produk, atau jika itu di halaman produk kita bisa melihatnya di atas informasi ongkos kirim dibagian bawah nama produk.

Kita juga bisa melakukan filter saat melakukan pencarian produk dengan klik kikon filter di pojok kanan atas halaman hasil pencarian, tepatnya disamping kolom search lalu pilih opsi COD (Bayar di Tempat) untuk metode pembayaran. Maka hasil pencarian akan difilter dimana hanya produk dari toko mendukung COD yang akan keluar di hasil pencarian.    

Apa Kelebihan COD Shopee?

Melihat tidak sedikit orang yang menyukai pembayaran dengan sistem COD, kita jadi penasaran apa sebenarnya keuntungan yang ditawarkan oleh sistem pembayaran di tempat ini. Pertama, kita akan membahas kelebihan COD Shopee bagi pembeli terlebih dahulu. Sistem COD sangat berguna bagi pengguna yang tidak bisa transfer apakah karena belum memiliki rekening, ATM jauh dari rumah, atau hanya sekedar malas transfer. Kita tinggal checkout tanpa harus transfer dan tinggal melakukan bayar saat barang sampai.

Sistem COD Shopee juga bisa menghilangkan rasa was-was saat berbelanja. Masih banyak pengguna yang merasa takut untuk berbelanja di Shopee dengan alasan takut tertipu. Kebanyakan mereka adalah pengguna baru. Untuk berjaga-jaga, mereka biasanya memilih untuk sistem pembayaran COD untuk memastikan bahwa paket benar-benar sampai ke tangan mereka.

Jika paket tidak sampai, otomatis mereka tidak rugi karena belum melakukan pembayaran. Ditambah lagi, sekarang Shopee juga mulai mengaktifkan fitur Shopee COD Cek Dulu dimana kita bisa membuka paket sebelum melakukan pembayaran. Jadi jika isi paket tidak sesuai dengan yang dipesan, kita memesan kipas angin yang dikirim malah masker, maka kita bisa mengajukan pembatalan pesanan atau pengembalian paket.

Keuntungan sistem COD bagi penjual tentu saja akan meningkatkan penjualan mereka karena tidak sedikit pembeli yang hanya ingin belanja di toko yang mendukung sistem COD.

Apa Kekurangan Sistem COD Shopee?

Meskipun ada banyak keuntungan yang, COD juga memiliki sisi kekurangannya. Kekurangan COD Shopee untuk pembeli, kita perlu standbysaat kurir datang agar pesanan tidak dibatalkan.  Jika kurir gagal mengantarkan paket selama beberapa kali dengan alasan bahwa kita tidak ada di lokasi, maka paket akan direturn alias dikembalikan kepada penjual.

Ini tidak hanya membuat kita gagal mendapatkan produk favorit, namun juga cukup menjengkelkan bagi kurir yang harus bolak-balik ke alamatmu dan juga untuk penjual yang produknya gagal terjual. Jadi, bagi kamu yang kerja di luar rumah dan baru pulang sore atau malam, ada baiknya tidak memesan dengan metode pembayaran COD kecuali jika ada yang akan menggantikan untuk menerima paket sekaligus melakukan pembayaran.

Sementara kekurangan COD Shopee untuk penjual adalah dimana mereka seringkali menerima pembatalan secara sepihak dari pembeli sehingga produk mereka gagal terjual padahal sudah dikirim. Jika pembatalan tersebut karena kesalahan fatal seperti salah kirim barang tentu tidak masalah. Namun tidak sedikit pembeli yang membatalkan pesanan hanya karena alasan sepele bahkan ada yang sengaja iseng.

Meskipun Shopee menanggung biaya pengembalian produk, namun tetap saja penjual telah menghabiskan waktunya untuk melakukan packing produk. Mereka tidak hanya rugi waktu, tenaga, tetapi juga pikiran karena di PHP oleh pembeli.Ditambah lagi, jika itu adalah produk gampang rusak atau expirednya cepat, maka bisa-bisa produknya sudah tidak bisa dijual lagi. Sehingga banyak penjual yang menonaktifkan COD karena alasan ini.

Apakah COD di Shopee bisa Dibatalkan?

Seperti yang disinggung sebelumnya, COD Shopee bisa dibatalkan dengan berbagai alasan seperti paket tidak kunjung datang, pembeli yang tidak ada di alamat hingga beberapa kali hantaran, paket rusak atau penyok, hingga isi paket yang tidak sesuai dengan pesanan. Meski begitu, perlu diketahui bahwa membatalkan pesanan secara sepihak hingga 2 kali akan membuat fitur COD kita dinonaktifkan selama 60 hari kalender. Jadi selama dinonaktifkan tersebut, kita tidak akan bisa melakukan pesanan dengan sistem COD.

Pembatalan pesanan COD tidak hanya berdampak buruk pada performa akun kita, tetapi juga akan membuat kerugian waktu, tenaga, dan pikiran bagi penjual karena barang mereka gagal laku padahal sudah di pack dan dikirim. Belum lagi jika produk tersebut kembali dalam keadaan rusak atau sudah expired sehingga tidak bisa dijual lagi. Jika alasan pembatalan tersebut  memang kesalahan penjual seperti barang tertukar atau salah kirim tentu tidak masalah.

Namun jika pesanan tersebut dibatalkan pembeli secara sepihak tanpa alasan yang kuat maka ini tentu merugikan penjual. Banyak pembeli yang asal membatalkan pesanan hanya karena packingnya jelek atau sedikit rusak padahal produk didalamnya tidak rusak sama sekali, datangnya sedikit terlambat, atau bahkan ada yang sengaja iseng dengan menghindari kurir dengan berbagai alasan tertentu. Untuk itu, sebagai penjual kita bisa lebih teliti lagi dalam melakukan pack dan mengirim barang yang benar sesuai yang dipesan agar tidak terjadi pembatalan. Dan, untuk pembeli jadilah pembeli yang bijak agar tidak merugikan pihak manapun.     

Apakah ada Biaya Penanganan COD Shopee?

Sebelumnya, untuk yang belum tau, di Shopee terdapat dua jenis biaya yang kita keluarkan saat melakukan pemesanan yaitu biaya pelayanan dan biaya penanganan.  Biaya pelayanan Shopee adalah biaya yang dikeluarkan pengguna untuk membantu mengembangkan aplikasi Shopee agar bisa memberikan layanan lebih baik lagi. Besarnya biaya layanan per 23 Oktober 2022 adalah sebesar Rp.1.000 yang mulai dibebankan setelah melakukan 4 kali transaksi di akun dengan metode pembayaran apapun.  Jadi biaya pelayanan akan dikenakan untuk pesanan ke-5 dan seterusnya. Namun biaya pelayanan ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian produk digital seperti pulsa ataupun membayar tagihan.

Sementara biaya penanganan Shopee adalah biaya yang dikeluarkan kepada pengguna untuk setiap checkout yang berhasil biasanya biaya penanganan ini berbeda-beda tergantung dengan metode pembayaran yang dipilih. Kali ini kita akan melihat apakah ada biaya penanganan untuk metode pembayaran COD di Shopee, dan jika ada berapa biaya penanganannya?

Untuk penjual yang mengaktifkan fitur COD tidak dibebankan biaya penangan. Hanya saja, untuk pengguna yang melakukan pemesanan (pembeli) dengan menggunakan metode pembayaran COD di Shopee kenakan biaya penanganan. Biaya penanganan pesanan COD akan dibebankan untuk pesanan ke-4 dan seterusnya. Dengan kata lain, untuk pesanan pertama hingga ke-3 kita sama sekali tidak dibebankan biaya penanganan COD ini.Besarnya biaya penanganan untuk pesanan COD adalah 4 % dari total pesanan, namun untuk pembeli dropshiper dan pembeli yang checkout menggunakan browser dikenakan biaya penangan sebesar 10 %.

Apa itu Program COD Cek Dulu?

Sebagai bentuk pengembangan dari sistem COD (Bayar di Tempat), Shopee menghadirkan program baru yaitu COD Cek Dulu. Lalu, apa itu program COD Cek Dulu dan apa perbedaan COD Cek Dulu dengan COD (Bayar di Tempat)?

ProgramCOD Cek Dulu adalah fitur dimana pembeli bisa membuka paket sebelum melakukan pembayaran ke kurir. Ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri pembeli dan juga untuk meningkatkan lebih banyak pembeli bagi penjual. Jadi perbedaannya terlihat jelas, di COD (Bayar di Tempat) kita tidak boleh membuka paket dan perlu membayar sebelum paket dibuka, sementara di COD Cek Dulu kita bisa membuka paket dan melihat produk sebelum membayar.

Meskipun kita bisa membuka paket sebelum bayar tapi kita juga tidak bisa asal buka karena ada ketentuan dan intruksi khusus untuk membuka paket COD Cek Dulu seperti direkam didepan kurir,mengembalikan semua isi paket dalam 1 nomor resi, dan beberapa intruksi membuka paket lainnya. Segala intruksi yang dibuat Shopee berguna untuk kenyaman bersama, tidak hanya pihak pembeli tetapi juga bagi penjual.

Sebagai tambahan, program COD Cek Dulu ini baru mendukung pengiriman untuk pengiriman menggunakan Shopee Express dan untuk beberapa daerah seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Kab. Karawang. Untuk lebih lengkapnya mengenai syarat dan ketentuan COD Cek Dulu, kita bisa menceknya langsung di artikel Shopee ini.

Itu dia berbagai pertanyaan seputar COD Shopee yang sering ditanyakan oleh pengguna. Sebagai catatan tambahan, segala informasi terkait COD Shopee ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dan perubahan dari pihak Shopee. Meski begitu, kami akan berusaha melakukan update jika ada informasi terbaru mengenai COD Shopee. Semoga informasi ini berguna. 

 

Post a Comment for "Perlu Tahu, Ini Jawaban untuk Segala Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Terkait Sistem COD Di Shopee"