Prinsip pelaksanaan supervisi akademik

Prinsip pelaksanaan supervisi akademik

Prinsip pelaksanaan supervisi akademik
Prinsip pelaksanaan supervisi akademik

Prinsip-prinsip pelaksanaan supervisi akademik adalah panduan yang menjadi landasan bagi proses supervisi akademik dalam organisasi pendidikan. Berikut ini adalah beberapa prinsip pelaksanaan supervisi akademik yang sering dikemukakan:
  1. Prinsip keefektifan, yaitu prinsip bahwa supervisi akademik harus memberikan manfaat yang nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan dan kemajuan peserta didik.
  2. Prinsip keterbukaan, yaitu prinsip bahwa supervisi akademik harus dilakukan secara terbuka dan transparan, dengan menghargai perbedaan pendapat dan mengakui kekurangan yang ada.
  3. Prinsip keterlibatan, yaitu prinsip bahwa supervisi akademik harus melibatkan seluruh anggota organisasi pendidikan, termasuk guru, siswa, dan orang tua, dalam proses supervisi.
  4. Prinsip kesinambungan, yaitu prinsip bahwa supervisi akademik harus dilakukan secara terus-menerus dan sistematis untuk menjamin konsistensi dan keberlangsungan kualitas pendidikan.
  5. Prinsip kolaborasi, yaitu prinsip bahwa supervisi akademik harus dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan pendekatan yang bersifat saling membantu dan membangun.
  6. Prinsip keadilan, yaitu prinsip bahwa supervisi akademik harus dilakukan secara adil dan merata, tanpa memandang status sosial, agama, atau jenis kelamin.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip tersebut, diharapkan proses supervisi akademik dapat dilaksanakan secara efektif dan memberikan manfaat yang nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan dan kemajuan peserta didik.

Post a Comment

0 Comments