Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Problem Lagi, Masyarakat Desa Wehali Tuding Panitia Palsukan Tanda Tangan Daftar Hadir Pemilih di Pilkades

Situasi Pilkades di Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka (OKENarasi.com)


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Permasalahan tak henti-hentinya melanda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka.

Setelah sebelumnya banyak tahapan yang diduga dilanggar panitia, kini masyarakat akui Panitia Pilkades memalsukan tanda tangan pemilih.

"Kok ini terbukti, tanda tangan saya dipalsukan oleh panitia. Ini panitia tidak beres," kata Ance Ledoh, yang mengakui tanda tangannya dipalsukan oleh panitia kepada OKENarasi, 10 Desember 2022.

Selain Ance Ledoh, masih banyak masyarakat Desa Wehali yang mengaku tanda tangannya dipalsukan oleh panitia Pilkades.

Menanggapi hal tersebut, Andryanto menilai, pelanggaran aturan yang dilakukan Panitia Pilkades Wehali serta pemalsuan tanda tangan yang dilakukan, sudah jelas melanggar aturan.

“Ini sudah jelas-jelas melanggar aturan, ini bisa dipidanakan. Baik Ketua Panitia Pilkades maupun ketua lainnya, harus bertanggung jawab atas kesalahannya,” tegasnya.

Pria yang karib disapa Aryanto ini mengaku mendapatkan informasi sejumlah kejanggalan pada pelaksanaan Pilkades Wehali.

Salah satunya yang berkaitan dengan pengakuan panitia, bahwa terdapat 2426 lembar c6 atau undangan Pilkades yang masih dipedang Panitia di hari pencoblosan.

“Kejanggalannya sudah sangat parah. Kami dari calon kades Frits merasa dirugikan, harus memprosesnya. Kami juga akan terus mengawalnya hingga PTUN” pungkasnya.

Selain itu, pantia Pilkades Wehali disebut menyerahkan surat undangan ke oknum aparat desa yang membagikan kepada pemilih.

Padahal oknum aparat desa tersebut, tidak masuk dalam anggota panitia Pilkades Wehali.

Hasil perhitungan suara

Calon kepala desa (Pilkades) di Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT sebanyak 3 orang. Berikut total perolehan suara;

1. Johanes Roby Tei Seran, berhasil mendapatkan suara sebanyak 1.491 suara.

2. Frits Arep Rissy, berhasil mendapatkan suara sebanyak 1.117 suara

3. Sius Berebein, berhasil mendapatkan suara sebanyak 240 suara.

Hingga berita diterbitkan Panitian pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT belum berhasil dikonfirmasi.*** okenarasi.com



Post a Comment for "Problem Lagi, Masyarakat Desa Wehali Tuding Panitia Palsukan Tanda Tangan Daftar Hadir Pemilih di Pilkades"