Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TEGA! Mahasiswa di Kupang NTT Menipu Orang Tua, Diajak Datang Ke Wisuda Ternyata Belum Lulus



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Wisuda merupakan suatu momen yang menjadi impian untuk semua mahasiswa, namun seringkali hal itu sulit untuk ditempuh, entah dari segi nilai yang belum cukup, skripsi, atau syarat praktik yang belum dilengkapi secara sempurna. Wisuda juga merupakan sebuah momen kebanggaan, untuk menunjukkan prestasi pada orang tua. 

Namun, ada seorang mahasiswa di NTT yang tega menipu orang tuanya, ia mengaku telah wisuda tapi ternyata belum dinyatakan lulus oleh pihak kampus. Mahasiswa di NTT tersebut berinisial YT (30), ia merupakan mahasiswa Institut Agama Kristen (IAKN) Kupang, Nusa Tenggara Timur. YT menipu orang tuanya dengan cara membawa kedua orang tuanya datang ke acara wisuda yang digelar oleh pihak kampus di Hotel Cahaya Bapa, Kupang. 

Berdasarkan informasi yang didapat, YT belum lulus kuliah, bahkan YT belum menyelesaikan skripsinya hingga ia duduk di semester 13. Aksi YT dipergoki oleh dosennya, saat itu dosen melihat YT berada di dekat lokasi acara wisuda dengan membawa atribut lengkap layaknya seseorang yang ingin wisuda. 

“Kejadiannya ketika acara wisuda di Hotel Cahaya Bapa hari Selasa (29/11) lalu” ujar Ketua Panitia Wisuda Martin Liufeto pada Minggu (4/12).

Acara wisuda dilaksanakan pada Selasa (29/11) pagi. YT datang bersama kedua orang tuanya dengan mobil pikap. Bukannya masuk ke dalam hotel, YT justru berhenti di sebuah apotek, 100 meter dari hotel dengan alasan diminta dosennya menunggu disitu, orang tua dan keluarga YT pun percaya.

Sejumlah warga yang melihat YT menginformasikan pada pihak kampus bahwa ada wisudawan yang terlambat, yang ternyata mahasiswa tersebut ialah YT.

“Setelah mendapat informasi itu, karena saat itu saya sedang sibuk, saya minta tolong Kepala Program Studi Agama Kristen Bu Johana untuk menemui” terangnya.

Bu Johana pun kemudian mengetahui bahwa wisudawan tersebut ialah YT yang belum lulus kuliah. Johana menjelaskan pada orang tua YT bahwa YT belum bisa wisuda karena proposal, skripsi, dan yudisiumnya belum selesai. Nama YT juga tidak terdaftar pada daftar wisudawan.

“Rupanya YT menipu orang tuanya, dia datang bersama keluarganya membawa satu mobil pikap, keluarga di rumahnya juga ada yang menunggu untuk syukuran. YT memang mahasiswa kami, masuk sejak tahun 2016 lalu, sekarang sudah semester 13” pungkasnya.

Mendengar penjelasan dari dosen, orang tua YT merasa kecewa, mereka pulang ke rumah. Para dosen berharap orang tua bisa ikut memantau perkembangan studi anaknya agar mengetahui apa kesulitan yang mungkin dialami dan sejauh mana perkembangannya.

Orang tua mahasiswa di NTT tersebut rencananya juga akan bertemu para dosen untuk diberi penjelasan lebih lanjut tentang perkembangan studi YT agar bisa berkoordinasi bersama. 

 


Post a Comment for "TEGA! Mahasiswa di Kupang NTT Menipu Orang Tua, Diajak Datang Ke Wisuda Ternyata Belum Lulus"