Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara
Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara adalah seorang pendidik dan tokoh nasional Indonesia yang dikenal sebagai "Bapak Pendidikan Nasional". Ia dikenal sebagai pendiri Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang mengusung konsep pendidikan yang menyatukan nilai-nilai tradisional dan modern. Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada masa pemerintahan Presiden Sukarno, pada tahun 1950 - 1956.

Hadjar Dewantara menganut pendidikan nasional yang memperjuangkan pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, melalui pendidikan nonformal dan pendidikan masyarakat (community education). Dia percaya bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesejahteraan sosial dan kemajuan teknologi. Ia juga memperjuangkan pemberian hak pendidikan yang sama bagi semua lapisan masyarakat, termasuk kaum marginal dan masyarakat pedesaan.

Hadjar Dewantara juga dikenal sebagai seorang yang menekankan pentingnya aspek-aspek keterampilan, karakter, dan moralitas dalam pendidikan. Ia percaya bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyediakan pengetahuan, tetapi juga untuk mencetak warga negara yang berkarakter, bermoral dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Pemikiran dan karya Ki Hadjar Dewantara sampai saat ini masih menjadi inspirasi dan sumber acuan dalam pendidikan di Indonesia. Ia diakui sebagai tokoh pendidikan yang berpengaruh dalam sejarah pendidikan Indonesia dan kontribusi besar dalam perkembangan pendidikan di negara ini.

Post a Comment for "Ki Hadjar Dewantara"