Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Terjemah Kitab Akidah Nasafiyah Arab - Melayu - English

 

Akidah Nasafiyah Arab - Melayu - English


Kitab ini juga dikenal dengan nama “Rukn al-Ïmän” atau “Rukn al-Dïn ‘Alä Madzhab Ahl al-Sunnah Wa al-Jamä’ah“. Adalah kitab matan yang kokoh, singkat dan padat. Ditulis oleh imam al-Nasafi, yakni Umar bin Ahmad bin Ismail bin Muhammad bin Ali bin Luqman al-Nasafi al-Samarqandi al-Hanafi Abu Hafsh Najmuddin Siräjuddin Muftï al-Tsaqalain.

Pengarang kitab ini adalah Abu Hafs bin Muhammad bin Muhammad Nasafi atau yang dikenal dengan nama Abu Hafs ‘Umar Najm al-Diin al-Nasafi (w 537 H/1142 M), salah satu ulama besar Ahli sunnah wal jama’ah dan mufti mazhab Hanafi serta ahli kalam beraqidah Maturidi. Kitab ini sangat populer dan banyak ditulis komentarnya (sharah). Diantaranya adalah Sharh ‘Aqa’id an-Nasafi karya Sa‘d al-Dīn al Taftazani (w. 791 H/ 1387/8 M). Kitab ini mendapat pengakuan sejumlah ulama karena keunggulannya dalam merangkum sejumlah prinsip-prinsip agama dan akidah Islam yang penting untuk diketahui. Nisbah al-Nasafi merujuk pada Nasaf/Nakhshab di Soghdiana, distrik yang terletak diantara Sungai Jaxartes (Syr Darya) dan Oxus (Ami Darya) yang didiami oleh suku Tartar.

Kandungan Isi Akidah Nasafiyah

Ia tidak diawali dengan pengantar yang menjelaskan tentang logika dan tidak mengaduknya dengan pembahasan para filsuf. Namun, ibarat-ibaratnya sarat dengan kajian falsafah yang tinggi. Ia dimulai dengan penjelasan ilmiah yang sungguh sangat berharga di masa sekarang, yakni:

حقائق الأشياء ثابتة، و العلم بها متحقق

“Esensi setiap sesuatu itu ada, dan mengetahuinya adalah nyata“.

Ia disusun dari 58 paragraf. Di setiap paragrafnya mencakup suatu permasalahan ilmu Kalam (Teologi). Sehingga ia mewadahi permasalahan ilmu Kalam, meski tidak semuanya, seperti masalah al-ahwäl.

Sebagian dalil bahwa ia cukup berharga dan pantas untuk dibaca adalah banyak ulama yang menganggapnya penting dengan cara menyarahi, menta’liq, atau menadhomkannya.


Silahkan Download Kitabnya Disini


Post a Comment for "Download Terjemah Kitab Akidah Nasafiyah Arab - Melayu - English"