Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RAGAM TAFSIR NUSANTARA. pdf

 RAGAM TAFSIR NUSANTARA

Varian Lokal, Kreativitas Individual, dan Peran

Perguruan Tinggi dan Media Sosial

Tafsir Nusantara telah dimulai penulisannya sejak berabad-abad yang lalu. Tercatat dalam sejarah bahwa karya tafsir monumental yang berisi lengkap 30 juz adalah Tarjuman al-Mustafid karya Syekh ‘Abd al-Ra’uf Singkil dari Aceh yang ditulis pada abad ke-17 M. 

Tafsir ini kemudian menjadi rujukan kaum Muslimin di Asia Tenggara, terutama di Indonesia dan di Malaysia. Sejak karya ini beredar, banyak bermunculan karya-karya tafsir, baik di Indonesia maupun di Malaysia. Dari ini, berkembang penulisan tafsir di berbagai daerah, baik di Tanah Jawa, Sunda, Sumatera, Sulawesi, maupun Kalimantan. Di Pulau Jawa, misalnya, muncul karya monumental al-Ibriz karya KH. Bisri Musthofa, Tafsir Fayd al-Rahman fi Tarjumat Tafsir Kalam Malik al-Dayyan (1819) karangan KH. Saleh Darat (Mbah Saleh), Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi karya Kanjeng Raden Penghulu Tafsir Anom V (1854-1933) dan K.H. Raden Muhammad Adnan (1889-1969) (disebut Tafsir Anom dan Kiai Adnan). Di Tataran Sunda, muncul karya Tafsir Nurul Bajan bersama H.N.S. Midjaja dan al-Kitabul Mubin Tafsir Basa Sunda karya Mohammad Ramli, dan Tafsir Ayat Suci Lenyepaneun karya Moh. Hasim atau Mohammad Emon Hasim. 

Di Aceh, misalnya, muncul Al-Qur`anul Karim dan Terjemah Bebas Bersajak karya Teungku H. Mahjiddin Jusuf dan Tafsir Pase karya Drs.T.H.Thalhah, S.E., Drs. H. Hasan Basri., Drs. Zaki Fuad, M.A., Drs. A. Mufakhir Muhammad, M.A. dan Drs. H. Mustafa Ibrahim.

Di Sulawesi, Tafsir Bahasa Bugisnya Soerah Amma karya G. H. M. As’ad, Tafsir al-Qur`an al-Karim bi al-Lughat al-Bugisiyah, Tafsere Akorang Bettuwang Bicara Ogi karya AG. H. M. Yunus Martan, dan Terjemah al-Qur`an dengan Bahasa dan Aksara Bugis karya KH. Hamzah Manguluang.


Silahkan Download ebooknya Disini

https://drive.google.com/file/d/1BNSUkH5DVgQuWYZJPZ1xnYtA20sbcqc2/view?usp=sharing

Daftar ebook lainnya  

Silahkan Beli Bukunya Klik Disini


Post a Comment for " RAGAM TAFSIR NUSANTARA. pdf"