Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Islam, Kafir Dan Ateis (Terjemah Kitab Faishal Tafriqah) pdf.

 Islam, Kafir Dan Ateis 

(Terjemah Kitab Faishal Tafriqah)



Secara garis besar, Imam al-Ghazali dalam kitab faishal al-tafriqah merekomendasikan agar seorang muslim tidak gegabah dalam jastifikasi stigmatik terhadap muslimlainnya yang berbeda pendapat dengannya. Dalam hal ini beliau tampaknya ingin menyarankan menampung keragaman pendapat itu terlebih dahulu, kemudian dikaji secara ilmiah. Hal ini barangkali bertujuan agar seseorang terhindar dari penilaian yg berdasar pada prasangka prasangka yg sama sekali tidak dibenarkan dalam agama.

Imam al-Ghazali mengemukakan pendapat, seorang muslim hendaknya tidak gegabah mengkafirkan orang yang masih menggunakan semisal ka’bah sebagai kiblat shalatnya. Kalaupun ada perbedaan, maka sedapat mungkin dicari penyelesaian. Paling jauh yang bisa dilakukan jika perbedaan pandangan benar-benar tidak bisa didamaikan adalah menyatakannya sesat atau bid’ah. Itupun dalam pengertian hanya ungkapan untuk menyatakan pemikiran yang lain itu tidak sesuai dengan pemikiran yang dianutnya.

Semoga buku terjemah ini senantiasa membawa manfaat bagi siapa pun yang membacanya. Semoga Allah SWT menjadikan amal ini sebagai berkah bagi kita semua. Aamiin.


Silahkan Download Kitabnya Disini


Silahkan Beli Kitabnya klik Disini



Post a Comment for " Islam, Kafir Dan Ateis (Terjemah Kitab Faishal Tafriqah) pdf."